JAWABAN SOAL NO 1-3
1. Pengertian TI
a. Ditinjau dari pengertian: Teknologi Informasi (TI) adalah ilmu yang berkaitan dengan seni atau sains dengan pengaflikasian pengetahuan saintifik ke praktis.
b. Ditinjau dari definisi:
Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu Anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi (Haag dan Keen, 1996)
Teknologi informasi tidak hanya sebatas pada teknologi komputer yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi (Martin, 1999)
Teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video (Williams dan Sawyer, 2003)
c. Ditinjau dari kegiatan-kegiatan yang terjadi:
Teknologi Informasi terdiri dari Teknologi Komputer dan Teknologi Telekomunikasi
d. Unsur-unsur teknologi yang tergbung dalam TI:
1. Teknologi komputer yaitu Teknologi yang berhubungan dengan komputer, termasuk peralatan yang berhubungan dengan komputer
2. Teknologi Telekomunikasi yaitu teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh termasuk dalam kategori ini adalah telepon radio
e. Diperlukan TI karena:
• TI memiliki efek besar dan dampak signifikan
• Struktur, manajemen organisasi, serta proses suatu kegiatan sangat dipengaruhi oleh TI
• TI mempengaruhi banyak aspek pekerjaan/organisasi
f. Manfaat TI:
• Kompleksitas tugas manajemen
• Pengaruh globalisasi
• Perlunya response time cepat
No. 2
a. Perangkat Keras adalah di system komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah. Contoh:
1) Prosesor terdiri atas dua bagian utama yaitu ALU (Arithmatic Logikal Unit) sebagai pusat pengolahan data Control Unit sebagai pengontrol kerja komputer. Prosesor terdiri dari Intel: Pentium 1-4, Celeron, Core Duo, Core 2 Duo, dan Quard Core. AMD: duron, athlon XP, Barton, Sempron dan AM2.
2) Memori berdasarkan fungsinya dibagi 2, yaitu: Primary memory dipergunakan untuk menyimpan data dan instruksi dari program yang sedang dijalankan. Biasa juga disebut sebagai RAM. Secondary memory dipergunakan untuk menyimpan data atau program biner secara permanen.
3) Mainboard (Motherboard) merupakan papan rangkaian utama yang berfunsi sebagai pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang tersambung padanya serta mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC. Komponen dalam mainboard antara lain: chipset, AGP (Accelerated Graphics Port), soket memori, soket prosesor, CMOS (Complementary Metal Oxid Semiconductor), port peranti external (serial, pararel, audio, USB), soket catu daya (power supply, fan), konektor casing, konektor IDE (Integrated Development Environment) dan floppy.
4) VGA (Video Graphics Adapter) memiliki karakteristik NVIDIA, ATIRADEON, banyak jenis chipsetdan kecepatannya, memori semakin besar dan cepat akan lebih bagus. Tujuan pemakaian untuk grafik atau game.
3).Harddisk terdiri dari interface IDE, interface SCSI, interface SATA I, interface SATA II, internal atau eksternal, untuk penggunaan PC atau laptop.
a. Piranti masukan berhubungan dengan proses perekaman dan pemasukan data kedalam sistem komputer dengan cara atau mekanismenya memberi perintah ke komputer. Agar dapat berinteraksi dengan sistem komputer komputer secara efektif, pengguna harus mampu mengkomunikasikan keinginannya dengan cara yang dapat dimengerti sistem komputer.
Kategori piranti masukan :
§ Audio: sound, automaticspeech rekognation, touchtone
§ Pointing: mouse (and pen mouse), trackball, pointing stick, touchscreen, lightpen
§ Scanning terdiri dari formatted : bar code reader, magnetic ink character recognation, optical character recognation. Unformatted : image scanning, optical character recognation,pen base computer
§ Specialized terdiri dari dediated : automated teller machine, point of sale system, motion : glove, headset, walker
§ Keyboard, sistem komputer dan piranti terbaik untuk masukan berbentuk teks. Kelemahanya untuk melaksanakan pekerjaan berbentuk pilihan (mis. Menu) keyboard lebih lambat, kurang akurat, dan kurang disukai pengguna, dibandingkan piranti masukan lainnya. Tombol pada keyboard dikelompokan me njadi empat bagian: tombol fungsi, tombol alphanumerik, tombol kontrol dan tombol numerik.
§ Mouse, Sebuah mouse menggabungkan dua operasi penting berbasis layar yakni kemampuan menggerakan kursor dan kemampuan memilih suatu objek pada layar kedalam suatu piranti. Gerakan mouse pada permukaan datar menentukan gerakan kursor pada layar. Mouse pada umumnya mempunyai satu sampai tiga tombol pada bagian atas untuk pilihan objek.
§ Joystick, Gerakan kursor pada joystick dikendalikan sebuah tuas yang ditanamkan pada sebuah alas. Sifat joysitck yaitu membutuhkan tempat yang sedikit, tidak mengganggu layar dan harganya murah sehingga banyak digunakan pada permainan komputer (game).
§ Trackball, Dilukiskan sebagai gabungan fungsi dari joystick dan mouse, terdiri atas dasar yang tetap yang menyangga sebuah bola. User hanya menggunakan bola untuk memindahkan kursor. Sifatnya mudah dipelajari, membutuhkan sedikit ruangan (seperti joystick) salah satu piranti penuding yang terfisin (dalam hal ketepatan dan kecepatan).
§ Lightpen, Merupakan pena yang membangkitkan informasi ketika ditudingkan pada layar. Ketika lightpen ditudingkan pada tampilan CRT, sebuah lensa memfokuskan setiap cahaya yang dipancarkan dari layar menuju sebuah detector cahaya atau photocell. Permasalahannya pena dapat mengganggu layar, gampang rusak atau patah dan melelahkan tangan.
§ Scanner, Merupakan piranti yang dapat mengambil masukan data gambar, foto juga tulisan tangan. Hasilnya kemudian diubah menjadi isyarat digital dan dapat disimpan didalam disk.
Alternatif Input Devices terdiri dari digital camera, digital video, video conferencing dan web cam
b. Piranti keluaran adalah peralatan yang digunakan untuk meliha atau mendengar pada saat pemrosesan data dalam komputer. Terdiri dari:
Visual output : text, graphics, video
Audio output : sounds, music and synthesized speech
No.3
Sistem komputer terdiri dari hardware dan software. Software adalah program yang berisi intruksi untuk melakukan proses pengolahan data Sistem komputer terdiri dari hardware dan software. Software adalah program yang berisi intruksi untuk melakukan proses pengolahan data.
Program Aplikasi adalah program yang digunakan khusus untuk tujuan tertentu atau progrsm yang biasa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas yang spesifik. Contoh : microsoft office 2007, window media player, avast!, adobe photoshop dan auto CAD.
Jenis-jenis Software :
· Software Komersial bertujuan untuk dijual dan ada hak cipta;
· Software Domain Public, sifatnya gratis dan berupa source code;
· Shareware, digunakan untuk evaluasi dan tanpa source code, ada hak cipta dan ada yang tidak ada;
· Rental ware untuk disewakan dan ada hak cipta;
· Free Software dengan soure code dan bersifat gratis atau membayar dengan sangat murah;
· Free ware bersifat gratis dan tanpa soure code menarik peminat untuk membeli versi lanjutan;
· Open Source hampir sama dengan free software hanya beda dalam hal pilosofi dan terdapat hak-hak untuk pemakai antara lain :
o Hak untuk membuat salinan program dan mendistribusikan salinan tersebut;
o Hak untuk mengakses soure code sebagai syarat untuk dapat melakukan pemodifikasian;
o Hak untuk melakukan pengembangan program.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar