Jumat, 11 Maret 2011

Jawaban UAS PTI


JAWABAN UAS PTI
Jawaban no.1
Aplikasi  Internet dalam Pembelajaran di Sekolah

A.    Pengertian Internet
Internet adalah jaringan computer yang saling terhubung ke seluruh dunia dimana didalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis & interaktif. secara fisik internet ialah interkonehsi antar jaringan computer namun secara umum internet harus dipandang sebagai sumber daya informasi (Lani Sidharta, 1996). sedangkan isi internet ialah informasi yang dapat dibayangkan sebagai suatu database atau perpustakaan multimedia yang sangat besar & lengkap dan dipandang sebagai dunia dalam bentuk lain (maya) kerena hamper seluruh aspek kehidupan di dunia nyata ada di internet. . dengan internet computer sekolah- kampus individu dapat saling Terkoneksi. contoh; Komputer rumah Pak Ali dengan computer rumah Bu Betty saling terkoneksi ke SMP Garut, SMU Garut, Kampus STKIP Garut.
Awalnya Internet merupakan jaringan computer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Reseach Project Agency Network), mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware & software computer yang berbasis UNIX dapat melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhinnga melalui saluran telepon. Diawali jaringan terpadu antara Stanford Researsh Institute, University of California, Santa Barbara, & Unuversity of Utah diperkenalkan secara umum dan berkembang pesat.dan dipecah: Milnet, untuk keperluan militer & Arpanet, Uuniversitas- univesitas. sehingga gabungan kedua jaringan dikenal dengan DARPA INTERNET disederhanakan menjadi INTERNET.
Internet sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, antara lain sebagai informasi & berita, Bisnis, Gaya Hidup, Ilmu, Hiburan, Transaksi, dan sosial.
B.     Akses Internet
1.      Cara Mengakses Internet
a.    Dial Up: Internet- Internet Service Provider (ISP)- Telkom Phone Network- Telephone Connector, Modern Dial Up & Pesawat Telepon- Komputer dengan kecepatan 56 Kbps.
b.   Kable: ADSL (Asymmetric Digital Subscribes Line): Internet- Internet Service Provider (ISP)- Telkom Phone Network- Spitter- Modern Dial Up & Pesawat Telepon- Komputer.
c.    Wireless: Internet- Internet Service Provider (ISP)- External Antenna- Komputer.
d.   Mobile: Internet Service Provider (ISP)- Operator GSM- 3,5G Modern dengan kecepatan 3,2 Mbps & Komputer.
e.    Hotspot:  Internet- Internet Service Provider (ISP)- Telephone Connector- KOmputer 1, 2, dan computer 3. atau Internet- Internet Service Provider (ISP)- External Antenna- External Antenna- Wifi Access Point- Komputer 1, 2, dan computer 3.
2.      Istilah- istilah Penting dalam Internet
a.    Wifi (Wireless Fidelity), merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan sejumlah computer terhubung dalam sebuah jaringan tanpa kabel,
b.   Hotspot, jangkauan dari jarinhan Wifi,
c.    ISP (Internet Service Provider), perusahaan yang khusus menangani layanan bagaimana seseorang, kantor, dan organisasi dapat memanfaatkan internet,
d.   Modem (Modulation Demodulation), alat yang digunakan untuk merubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya.
e.    ADSL (Asymmtric Digital Subscriber Line), komunikasi jaringan internet kecepatan tinggi, dimana sinyal yang masuk tidak sama denhan sinyal yang keluar (asimetris).

C.    Aplikasi Internet pada Profesi Guru Matematika

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi memungkinkan arus informasi berkembang pesat. Salah satunya melalui internet. Sebagian besar orang di dunia sudah mengenal internet. Sebagai seorang guru, saya biasa menggunakan internet untuk mencari berbagai informasi tentang mata pelajaran khususnya matematika sebagai referensi untuk menambah atau melengkapi materi yang sudah ada di buku sumber.
Pada saat proses pembelajaran berlangsung, misalkan pada saat membahas materi tentang rumus Phytagoras. Dalam buku sumber biasanya hanya mencantumkan rumusnya secara langsung. Untuk mengetahui tentang Rumus Phitagoras secara lebih mendalam misalnya latar belakang munculnya rumus Phytagoras, siapa penemu rumus Phytagoras, serta aplikasi rumus Phytagoras dalam kehidupan sehari-hari dan sebagainya, biasanya mencari di internet.
Informasi-informasi tersebut bisa langsung didapat. Informasi tentang materi yang saya cari kemudian diunduh dan dibuat rangkumannya sehinnga pada saat penyampaian materi kepada siswa lebih mudah dipahami dan dimengerti oleh siswa di kelas. Dengan demikian internet sangat membantu dalam pelaksanaan tugas saya sebagai seorang guru matematika. 

Jawaban no.2
WEB
     1.   Konsep pemograman web; konsep web
world wide web (www atau disingkat web) adalah suatu ruang dimana informasi sumber-sumber daya yang berguna di identifikasi oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI):
a.   WWW sering dianggap identik dengan internet dan merupakan bagian daripadanya,
b.   Hiperteks dilihat dengan sebuah informasi (disebut dokumen atau halaman web) dari suatu server web dan menampilkannya biasanya di sebuah monitor halaman web, biasanya diatur juga dalam koleksi material yang berkaitan yaitu yang disebut situs web.
2.        Konsep web
a.    Halaman web merupakan file teks murni (plain text) yg berisi sintaks- sintaks HTML yang dapat dibuka atau dilihat dengan Internet Browser,
b.    Kegiatan pindah halaman untuk pindah ke dokumen lain atau bahkan mengirim informasi kembali kepada server untuk berinteraksi dengannya sering disebut “Surfing “ atau “berselancar”,
c.    Halaman-halaman sebuah situs web diakses dari sebuah Url (Uniform Resource Locator) yang menjadi ”akar” (roof), yang disebut hompage, dan biasanya disimpan dalam server yang sama,
d.  Tidak semua situs web dapat diakses dengan gratis, beberapa situs web memerlukan pembayaran, disitus- situs berita, layanan surat elekrtonik (e-mail), dan lain- lain.

3.        Konsep Pemograman Web
a.    Pemograman web: membuat applikasi yang berbasis web,
b.   Aplikasi berbasis web: Aplikasi yang dibuat dengan memanfaatkan mekanisme dan apabila yang sudah ada  pada sistem web (WWW)
c.   Sistem web sebenarnya  merupakan aplikasi yang server; Software web beowser disisi client, and software web server disisi server.
d.  Menggunakan protokol HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) dalam komunikasi antara client dan server yang mempunyai fungsi untuk mengambil atau menjalankan isi file dokumen web disisi server dan  menjalankan isi file dokumen web disisi server dan menampilkan disisi client.
4.        Internet Web Browser
a.   Browser adalah sebuah program applikasi atau software yang merequest dokumen- dokumen  dari komputer- komputer yang terkoneksi internet (server) diseluruh dunia, dan menampilkan informasi dari dokumen tersebut tersebut pada window browser, dan
b.   Browser menampilkan sesuai intruksi (format) HTML yang dibuat pada dokumen tersebut.
5.       Server Client-Server
Server = Client = Server/Client (Client = Client) = Client = Client
6.       Server VS Client
a.    Server;
1)     Menyediakan dokumen web
2)     Mengeksekusi dokumen web yang bersifat “server side” (php, asp, jsp) dan   menerjemahkan kedalam bentuk yang bisa dipahami oleh “web Browser” di client,
3)      Memiliki service (program) web server (program) web server (IIS, apache dan sebagainnya), dan
4)      Memberikan response pada client.
b.    Client;
1)      Mengambil dokumen web,
2)      mengeksekusi dokumen web yang bersifat “client side”,
3)      Memiliki web browser untuk menerjemahkan dokumen web ke bentuk “manusiawi”,
4)      Mengirimkan request ke server.
7.        Sejarah World Wide Web
a.    Hypertext (Bush 1945 dan Nelson 1960’s),
b.   Awal tahun 90’s, Tim Berners-lee menciptakan HyperText Markup Language (HTML),
c.   Tahun 1993 Browser grafis pertama (Mosaic) dibuat oleh Andressen dan Eric Bina,
d.  Tahun 1994 Andressen bekerja untuk Netscape dan membuat Netscape Navigator, browser grafis popular pertama,
e.    Tahun 1995 Microsof Internet Explorer,
f.    Browser saat ini: Mozilla FireFox, Opera, Internet Explorer, dan lain- lain.

8.        Membuat Aplikasi Berbasis Web, artinnya:
a.    Memperkaya fungsi web server dengan cara menambahkan program pada dokumen web yang akan dieksekusi oleh server ketika file dokumen web tersebut diakses oleh web server,
b.   Memperkaya interaktivitas dokumen cara menambahkan program pada dokumen web yang akan dieksekusi oleh web browser ketika file dokumen tersebut ditampilkan oleh Web Browser.
9.       Keuntungan Belajar Pemograman Web, mengerti bagaimana komponen- komponen web bekerja, sehingga dapat:
a.    Membuat web sendiri,
b.    Membetulkan “error” dari suatu web, dan
c.    Belajar “hacking”.
10.    Bagaimana Web Bekerja
a.      User mengetik URL di Internet Browser,
b.      Browser menghubungi server yang tersebut pada URL,
c.      Setelah terhubung, Berowser mengirimkan HTTP request,
d.     Server Menjawab dengan mengirim Http response (berisi header dan isi dokumen),
e.    Untuk dokumen yang terdiri atas beberapa file (misalnnya dokumen bergambar), browser harus mengirimkan HTTP request lagi untuk setiap file, dan
f.    Browser menampilkan semua isi dokumen kepada user.
11.    Cara Kerja Web
a.     Users (Clients) Browse,
b.    Http (Internet) (WWW),
c.     Http (WWW servers),
d.    Resources (HTML file), and then
e.     Authors write HTML


Tidak ada komentar:

Posting Komentar